Pages

Minggu, 10 Februari 2013

Cara Agar Tidak Ketularan Flu dari Suami

6 Tips Agar Tidak Ketularan Flu dari Suami

Saat orang-orang di sekitar Anda ada yang terjangkit flu, sebaiknya Anda memang lebih berhati-hati. Apalagi ketika orang terdekat Anda, seperti suami atau anak-anak, juga kena flu. Nieca Goldberg, MD, Direktur Joan H. Tisch Center for Women's Health, berbagi tip agar Anda tidak mudah tertular flu.



1. Tunda dulu berciuman
Flu paling mudah menyebar melalui air ludah dan lendir. Karena itu, lebih baik tak usah berciuman dulu. Ketika sedang pilek, besar kemungkinan ingus yang dikeluarkannya juga menyebar ke area pipi. Jadi, hindari juga mencium atau mengelus sekitar pipinya.

2. Pilih posisi "reverse cowgirl"
Meskipun tidak berciuman, Anda masih bisa berhubungan intim dengannya. Hanya saja, Anda perlu memastikan posisi yang tidak membuat Anda harus menghirup udara berkuman darinya. Paling aman, lakukan posisi reverse cowgirl di mana Anda di posisi di atas namun menghadap ke belakang. Dengan cara ini Anda bisa menghindari berbagi nafas dengan pasangan, namun tetap bisa mengontrol kenikmatan yang bisa Anda dapatkan.

3. Cuci seprai secara teratur

Kuman yang keluar bersamaan dengan udara maupun cairan yang dikeluarkan oleh orang yang mengidap flu bisa tertinggal di seprai atau alas tidur lainnya seperti sarung bantal dan guling. Bila biasanya Anda hanya mencucinya seminggu sekali, coba cuci setiap tiga hari. Selain itu, sebaiknya Anda tidur membelakanginya agar ia tidak batuk ke arah wajah Anda.

4. Lebih banyak minum
Minum banyak air putih adalah kunci untuk mencegah penurunan kekebalan tubuh. Maka, selain meminta si dia lebih banyak minum daripada biasanya, Anda pun harus minum banyak air putih agar tidak mudah tertular.

5. Jangan lupa mencuci tangan

Rajin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun efektif untuk mencegah Anda terkena flu, ketimbang hanya menggunakan hand sanitizer. Mencuci tangan dengan sabun pun tidak bisa asal-asalan. Para pakar kesehatan menyarankan untuk menggosok tangan dengan sabun dalam waktu sekitar 20 detik. Paling gampang, nyanyikan lagu Happy Birthday untuk memastikan durasinya sudah cukup.

6. Jangan berbagi apa pun

Tidak berbagi kuman melalui air liur atau lendir tidak hanya berlaku saat Anda berciuman. Hindari berbagi peralatan makan dan minum, misalnya menyeruput botol minuman yang juga dipakainya.


Sumber: Cosmopolitan
Editor : Dini

0 komentar:

Posting Komentar