Pages

Selasa, 07 Agustus 2012

Cara Efektif Keluar dari Zona Nyaman Anda

4 Cara Efektif Keluar dari Zona Nyaman Anda
Siap berkorban dengan perhitungan yang matang demi masa depan Anda yang lebih baik.

Banyak orang kehilangan kepercayaan diri saat ingin mencoba tantangan baru.

Mereka umumnya tidak memiliki keberanian untuk menghadapi kegagalan dan takut bila harus menghadapi kondisi yang lebih buruk.

Sementara kondisi yang mereka rasakan sekarang sudah nyaman. Inilah yang membuat kebanyakan orang, begitu terbuai dengan zona nyamannya.

Padahal keluar dari zona nyaman tidak berarti Anda melakukan hal-hal negatif. Sebagai manusia yang terus tumbuh, berkembang dan berubah, Anda tidak harus menjalani rutinitas yang sama.

Bisa jadi Anda tidak dapat berkembang lantaran Anda terlalu asyik terpaku hanya pada satu titik (kondisi).

Nah, bagi Anda yang belum berani keluar dari zona nyaman, simak tips berikut, seperti dikutip mindbodygreen.

Tanyakan Pada Diri Anda
Hanya karena Anda selalu melakukan sesuatu yang sama, bukan berarti itu merupakan hal yang terbaik untuk Anda. Sebagi contoh, ketika Anda begitu menikmati hidup sendiri, bukan berarti Anda harus terus hidup seperti itu bila suatu hari Anda ada keinginan untuk hidup bersama orangtua dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, Anda akan belajar banyak hal bagaimana harus berbagi dengan orangtua.


Harus Siap Berkorban
Contoh paling sederhana, Anda lebih suka berada di rumah ketika teman mengajak Anda untuk mencoba hal baru, misalnya, mengambil kelas yoga. Anda tahu, bahwa yoga baik untuk kesehatan dan ketenangan pikiran, tetapi Anda lebih suka berada di rumah, karena Anda merasa melakukan aktivitas rutin di rumah seperti menonton TV, bermain game dan bersantai lebih mudah daripada belajar hal-hal baru seperti gerakan-gerakan yoga. Nah, persepsi itulah yang seharusnya segera diubah.

Hidup Harus Penuh Tantangan
Alasan yang paling tepat untuk keluar dari zona nyaman cukup sederhana: Anda perlu tantangan. Dinamika hidup yang naik dan turun akan. Semua pengalaman dan kenangan hidup adalah cara untuk pendewasaan diri dan membentuk Anda menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi, tidak ada salahnya mencoba hal baru yang belum pernah Anda lakukan.

Lepaskan Masa Lalu
Jangan terjebak oleh kenangan masa lalu yang tidak perlu, sehingga menjadi beban hidup saat ini. Kenangan ini biasanya dalam bentuk emosi atau ekspresi yang buruk dan menyakitkan. Salah satu cara yang dapat membantu Anda melepaskan beban adalah mengisi waktu dengan kegiatan baru.

Psikolog, Setyaningrum Rosdiana menambahkan, bahwa keberanian untuk menghadapi tantangan hidup adalah kunci keberhasilan. Semua ini bisa terwujud dengan baik, tentunya dengan perhitungan yang matang.

Asal masih dalam batas wajar, semua hal positif yang akan Anda coba, tentu mudah untuk menciptakan sebuah kenyamanan yang baru. Jadi, selamat mencoba tantangan baru demi menggapai masa depan Anda yang lebih berwarna.

0 komentar:

Posting Komentar